Tentang Kajian Berlabel Zakat Al-'Ilmi

Posted 19.19 by Jama'ah ROLLING STONES in Label:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى أٰلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
اللّٰهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أٰلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَ عَلَى أٰلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.
أَمَّا بَعْدُ؛
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ !

Tentang Kajian Berlabel Zakat Al-'Ilmi.

Kajian Zakat Al-'Ilmi ini yang dimaksud dalam blog yang diberi nama Rolling Stones Taklim ini adalah kajian-kajian ke-Islam-an yang dipostingkan dengan label atau kategori Zakat Al-'Ilmi. Kajian-kajian tersebut khusus ditulis untuk memenuhi ajakan dari pembuat blog ini Bp. Kholid Yusuf untuk ikut mengisi blog ini. Ajakan tersebut disampaikan kepada penulis hampir satu tahun yang lalu, namun penulis baru dapat mewujudkannya sekarang. Penyebabnya antara lain karena penulis juga masih mempelajari cara membuat blog dan problem yang paling membuat lama mempelajarinya berkaitan dengan penulisan Huruf Hijaiyyah.
Menulis Huruf Hijaiyyah dalam blog baik itu menggunakan layanan dari blogger, wordpress, joomla, dan sebagainya ternyata tidak semudah dan sepraktis di aplikasi Microsoft Office, Open Office dan sebagainya. Lebih sayang lagi, hasil tulisan Huruf Hijaiyyah dari Microsoft Office maupun Open Office bila langsung di-copy-paste ke editor blogger, wordpress, joomla dan sebagainya akan berubah. Dengan terpaksa Huruf Hijaiyyah harus ditulis langsung di editor blog-blog tadi. Nah, problem terbesar ternyata editor-editor bawaan blog-blog tersebut tidak menyediakan fasilitas yang lengkap yang mendukung penulisan Huruf Hijaiyyah sesuai selera penulis. Namun alhamdulillah, setelah hampir satu tahun penulis mempelajari berbagai layanan blog dengan berguru kepada Al-Syaikh Al-Bahits Google, akhirnya penulis menemukan berbagai Offline Blog Editor yang memiliki fasilitas tersebut. Yang lebih menggembirakan lagi, Offline Blog Editor tersebut, sesuai namanya offline, dapat digunakan untuk menulis secara offline (tanpa koneksi internet) kemudian setelah tulisan jadi dapat langsung dipublish ke berbagai blog yang penulis miliki juga bersifat portable sehingga dapat dijalankan dengan flashdisk. Seperti posting ini, penulis menulisnya secara offline kemudian mempublishnya setelah jadi dan mengalami beberapa kali proses editing. Sangat menyenangkan karena menghemat biaya koneksi internet dan dapat digunakan untuk menulis Huruf Hijaiyyah sesuai selera penulis. Benar-benar sesuai pepatah :
إِذَا صَدَقَ الْعَزْمُ وَضَحَ السَّبِيْلُ
"Bila keinginan yang kuat benar-benar ada niscaya jalan akan menjadi jelas"
Mengapa Huruf Hijaiyyah menjadi problem ? Karena penulis lebih suka menyampaikan apapun dengan teks aslinya dan kajian-kajian yang akan penulis sampaikan berkaitan dengan Islam. Sebagaimana kita ketahui sumber ajaran Islam yang utama (Al-Qur'an dan Al-Hadits) teks aslinya ditulis dengan Huruf Hijaiyyah. Kemudian kebanyakan literatur-literatur Islam yang mendalam juga teks aslinya ditulis dengan Huruf Hijaiyyah. Dan penyebab lainnya penulis menyukai Huruf Hijaiyyah adalah karena Huruf Hijaiyyah adalah hurufnya Al-Qur'an, hurufnya Al-Hadits dan huruf yang digunakan para shahabat Rasulullah SAW dan para ulama muslim. Lebih dari itu, penulis telah mempelajari berbagai model transliterasi Arab Latin tidak ada satupun yang dapat mewakili huruf aslinya (Huruf Hijaiyyah) dengan sempurna. Namun perlu diingat, hal tersebut bukan berarti penulis mengajak orang non Arab untuk merubah kepribadiannya menjadi kearab-araban. Penulis hanya ingin menyampaikan segala sesuatu sesuai teks aslinya menggunakan huruf aslinya sehingga hasilnya lebih orisinil dan otentik.
Mengapa penulis memberi label Zakat Al-'Ilmi untuk kajian-kajian penulis? Karena kajian-kajian tersebut ditulis sebagai salah satu wujud pelaksanaan Zakat Al-'Ilmu. Zakat Al-'Ilmi berarti mengeluarkan zakat berupa ilmu. Terminologi ini mungkin jarang didengar meskipun yang membahasnya baik berupa buku maupun berupa kajian online sudah banyak. Ya maklumlah, sedikit sekali muslim sekarang yang tertarik menggunakan internet sebagai sarana bertafaqquh fiddin apalagi kalangan remajanya .... Semoga kita termasuk yang sedikit ini. Kembali ke terminologi Zakat Al-'Ilmi. Terminologi ini pertama kali penulis temukan di bukunya Al-Marhum Al-Syaikh Al-'Utsaimin rahimahullah yang berjudul "Al-'Ilmu". Dalam buku tersebut beliau tidak secara rinci memberikan definisi terminologi Zakat Al-'Ilmi, namun langsung menjelaskan cara-cara melaksanakan Zakat Al-'Ilmi. Salah satu cara yang beliau sebutkan adalah dengan melaksanakan aktifitas nasyru Al-'Ilmi (menyebarkan ilmu). Nah, cara menyebarkan ilmu tentunya berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi. Jadi, kajian-kajian tersebut penulis beri label Zakat Al-'Ilmi sesuai tujuan penulis yaitu untuk men-zakati ilmu-ilmu yang pernah atau sedang penulis pelajari dengan cara menyebarkannya melalui blog Rolling Stones Taklim (arti nama ini dan maksudnya apa ya???) ini. Penulis yakin, suatu ilmu bila rajin dizakati niscaya akan tumbuh dan berkembang dengan pesat. Sebagaimana harta pun bila rajin dizakati (baik yang wajib maupun yang sunnah) niscaya akan tumbuh dan berkembang dan sedikitpun tidak akan berkurang sesuai sabda Rasulullah SAW :
عَنْ أَبِي كَبْشَةَ الأَنْمَارِيِّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ يَقُوْلُ: ثَلَاثَةٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ وَ أُحَدِّثُكُمْ حَدِيْثًا فَاحْفَظُوْهُ قَالَ مَا نَقَصَ مَالُ عَبْدٍ مِنْ صَدَقَةٍ وَ لَا ظُلِمَ عَبْدٌ مَظْلِمَةً فَصَبَرَ عَلَيْهَا إِلَّا زَادَهُ اللهُ عِزًّا وَ لَا فَتَحَ عَبْدٌ بَابَ مَسْأَلَةٍ إِلَّا فَتَحَ اللهُ عَلَيْهِ بَابَ فَقْرٍ ............ ﴿رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَ صَحَّحَهُ الْأَلْبَانِيُّ﴾
Dari Abu Kabsyah Al-Anmary beliau mendengar Rasulullah shallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Ada tiga hal yang aku bersumpah atasnya dan aku juga akan menyampaikan sebuah perkataan maka peliharalah (hafalkanlah)!" Beliau bersabda : "Tidak akan berkurang harta seorang hamba karena sedekah, tidaklah seorang hamba yang dizhalimi dengan suatu kezhaliman lalu dia sabar menghadapinya kecuali Allah akan menambahkan kemuliaan kepadanya dan tidaklah seorang hamba membuka suatu pintu meminta-minta kecuali Allah akan membuka pintu kefaqiran untuknya." ...... {Diriwayatkan oleh Al-Tirmidzy dan dishahihkan oleh Al-Albany}.
Harapan penulis, kajian-kajian yang akan penulis masukkan ke dalam blog Rolling Stones Taklim ini:
Pertama : dapat menambah wawasan ke-Islam-an pembacanya terutama Jamaah Rolling Stones di Argopeni dan dapat mengisi kevakuman blog ini yang setiap kali penulis akses ternyata pertambahan isinya lambat sekali. Berbeda dengan blog-blog lain yang bersifat bisnis yang pertambahan isinya selalu meningkat tajam (minimal dalam satu bulan bertambah satu posting).
Kedua : dapat mewakili penulis yang jarang bersedia mengisi pengajian Jamaah Rolling Stones di Argopeni yang penyebabnya antara lain faktor kesehatan penulis dan faktor kemampuan penulis dalam menyajikan sebuah kajian secara lisan yang tidak sebaik secara tertulis. Juga untuk tetap menjalin silaturahim online antara penulis dengan Jamaah Rolling Stones di Argopeni.
Terakhir penulis mohon doa dari semua pembaca blog Rolling Stones Taklim ini khususnya Jamaah Rolling Stones di Argopeni untuk kesehatan penulis yang akhir-akhir ini sering tidak menentu. Semoga dengan semakin membaiknya kesehatan penulis, penulis dapat lebih aktif lagi melaksanakan aktifitas menzakati ilmu yang merupakan kewajiban setiap penuntut ilmu. Salah satunya adalah dengan mengisi blog Rolling Stones Taklim ini.
Demikian, bila dalam tulisan ini dan kajian-kajian yang penulis sampaikan terdapat salah kata, salah tulis, dan kesalahan-kesalahan lainnya mohon agar segera dikoreksi dengan memberi komentar di setiap kajian yang penulis postingkan.
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kesediaan Saudara membaca dan mengkoreksi kajian-kajian Zakat Al-'Ilmi ini. Semoga Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa kita, merahmati kita, menuntun kita ke jalan yang haqq, menambah ilmu kita, menambah ketaatan dan kecintaan kita kepada-Nya, dan memberi kita akhir yang baik dalam segala hal.
اللّٰهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِي الْأُمُوْرِ كُلِّهَا وَ أَجِرْنَا مِنْ خِزْيِ الدُّنْيَا وَ الْأٰخِرَةِ.
وَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ وَ الْحَمْدُ لِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ.
وَ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَ رَحْمَةُ اللهِ وَ بَرَكَاتُهُ !
كَتَبَهُ مُحَمَّدْ سَهْلَانْ رَشِيْدِى بْنُ مُحَمَّدْ خَيْزُ الدِّيْنِ بْنِ مُحَمَّدْ نُوْحْ شُهَدَآءْ، يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ 19 جُمَادَى الْأُوْلَى 1431هـ / 4 مَايُوْ 2010 م.

CATATAN:
Huruf Hijaiyyah dalam kajian-kajian Zakat Al-'Ilmi ditulis menggunakan font Sakkal Majalla dan KFGQPC Uthman Taha Naskh. Agar tampilan Huruf Hijaiyyah tersebut dapat terbaca dalam browser dengan benar, install dua font tersebut ke dalam operasi sistem. Dua font tersebut dapat di download di : 1. Sakkal Majalla Reguler , 2. Sakkal Majalla Bold dan 3. KFGQPC Uthman Taha Naskh .


0 comment(s) to... “Tentang Kajian Berlabel Zakat Al-'Ilmi”

0 komentar:

Posting Komentar